top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

6 Aktivitas Seru di Solo Untuk Liburan Singkat


Dikenal dengan industri batik yang pesat, Surakarta juga memiliki berbagai tempat wisata yang berpadu dengan seni dan budayanya.


Surakarta atau sering disebut Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota budaya. Selain tradisi, Solo juga memiliki potensi wisata yang cukup besar. Destinasi wisata utama di Solo adalah tempat bersejarah hingga budaya. Berikut 6 aktivitas seru di Solo untuk liburan singkat yang mungkin tidak akan Anda temukan di kota lain.


1. Belanja di Pasar Antik Triwindu


Pasar Antik Triwindu yang berada di tengah kota merupakan surganya para pecinta barang antik. Di tempat ini Anda bisa berbelanja berbagai macam permainan dan barang-barang kuno untuk dekorasi rumah. Mulai dari kebaya nenek tua, lampu cantik hingga cetakan kue, semuanya bisa Anda temukan di sini.


Namun tidak semua barang di tempat ini tergolong antik. Banyak tembaga atau ornamen besi merupakan barang replika. Pasar ini juga menjadi tempat yang menarik bagi para fotografer karena memiliki berbagai macam barang warna-warni yang ditata dengan menarik.


2. Mengunjungi Kampung Batik Laweyan


Jika Anda ingin mencari batik tulis atau ingin melihat pembuatan batiknya, datanglah ke Kampung Laweyan. Di tempat ini, Anda akan menemukan deretan toko yang sebagian besar dikelola oleh keluarga pedagang batik secara turun-temurun.


Laweyan dulunya adalah rumah bagi banyak pedagang batik kaya. Tak heran di setiap sudut kota Anda akan menemukan bangunan tua yang indah. Di Kampung Batik Laweyan juga terdapat pabrik batik cap. Di tempat ini, Anda bisa melihat hamparan kain batik berwarna seperti pelangi yang sedang dijemur.


3. Mengunjungi Keraton Solo


Istana yang pernah diduduki pada tahun 1745 ini terletak di pusat kota Solo. Keraton Solo dibangun oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian mendirikan Kesultanan Yogyakarta. Untuk memasuki istana, Anda harus mengenakan sepatu dan pakaian sederhana.


Keraton Solo berdiri satu area dengan Alun-Alun Solo, Pasar Klewer, dan Masjid Agung Surakarta. Di dalam istana pengunjung dapat melihat benda-benda perlengkapan sehari-hari yang telah digunakan oleh kerabat kerajaan atau keluarga keraton. Bangunan ini juga menyimpan senjata kuno, alat musik hingga kereta emas yang digunakan keluarga kerajaan.


4. Mengendarai Kereta Uap Jaladara


Di Indonesia, sepertinya hanya Kota Solo yang memiliki kereta api dengan lintasan di tengah kotanya. Kereta wisata yang beroperasi sejak September 2009 ini menggunakan lokomotif seri C1218 yang dirangkai dengan dua gerbong penumpang. Lokomotif ini dibuat di Jerman pada tahun 1896 dan pernah disimpan di Museum Palagan Ambarawa.


Kereta Uap Jaladara memiliki rute dari Stasiun Puwosari ke Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak sekitar 5,6 kilometer. Rute ini melewati jalan utama Kota Solo. Sepanjang perjalanan, penumpang disuguhi berbagai bangunan bersejarah di Kota Solo.


5. Mengunjungi Candi Cetho & Sukuh


Kedua candi ini berada di luar Kota Solo. Mereka berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Keduanya memiliki udara yang sejuk. Anda bisa menikmati pemandangan pedesaan dan perbukitan khas Jawa di sekitar candi.


Candi Sukuh yang dibangun pada akhir abad ke-15 sebagian besar telah berupa reruntuhan. Sekitar 15 menit berkendara dari Candi Sukuh, Anda juga bisa mengunjungi Candi Cetho. Kompleks ini memiliki gapura yang indah dan candi induk yang berbentuk seperti limas.

6. Menonton Teater Sriwedari


Pertunjukan wayang kulit bisa Anda temukan di banyak tempat di Jawa. Namun, jika ingin menikmati wayang kulit yang ditampilkan dengan baik, mungkin hanya bisa ditemukan di Solo. Setiap Senin hingga Jumat Gedung Teater Sriwedari menampilkan wayang dalam bentuk pertunjukan teater yang ceritanya diadaptasi dari Ramayana atau Mahabarata.


Itulah 6 aktivitas seru di Solo untuk liburan singkat yang mungkin tidak akan Anda temukan di kota lain.

5 views

Recent Posts

See All
bottom of page