top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

10 Tempat Menakjubkan di Sulawesi yang Wajib Dikunjungi

Updated: Jun 9, 2022


Kita semua tahu bahwa akhir tahun akan segera tiba dan itu artinya sudah saatnya Anda merencanakan liburan. Jika Anda tidak tahu harus pergi ke mana, mengapa tidak memilih bepergian ke Sulawesi? Seperti kita ketahui bersama, Indonesia terdiri dari banyak pulau dan Sulawesi merupakan salah satu pulau utama di Indonesia.


Sulawesi dianggap sebagai salah satu tujuan wisata paling populer karena pasar pariwisata domestiknya dan juga pemandangan dan destinasi yang menakjubkan. Meskipun banyak orang cenderung pergi ke Bali atau Lombok, Anda akan menemukan pemandangan menakjubkan yang sama di Sulawesi.


Sebelum Anda berwisata ke Sulawesi, perlu Anda ketahui bahwa Sulawesi terbagi menjadi tiga sisi. Yang pertama adalah Sulawesi Utara, yang kedua adalah Sulawesi Selatan dan yang ketiga adalah Sulawesi Tengah. Tidak hanya itu, Sulawesi juga dikelilingi oleh banyak pulau sehingga Anda membutuhkan waktu berhari-hari untuk menjelajahi semua pulau tersebut.

Anda juga bisa pergi ke kota besar dan kemudian pindah ke salah satu pulau tropis. Selain itu, di Sulawesi, Anda akan dapat melihat dan mengalami percampuran berbagai agama. Untuk panduan Anda, berikut 10 tempat menakjubkan di Sulawesi yang wajib dikunjungi.


1. Makassar


Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Sulawesi adalah Makassar yang merupakan ibu kota dari Sulawesi Selatan. Tak heran jika sebagian orang menyebut Makassar sebagai Ujung Pandang. Percaya atau tidak, banyak turis dan masyarakat menggunakan Makassar untuk masuk dan keluar Sulawesi. Dengan begitu, Makassar memiliki banyak pemandangan dan atraksi yang menakjubkan. Salah satunya adalah Fort Rotterdam yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Ada juga Pantai Losari dengan pemandangan yang menakjubkan dan air laut yang masih asli.


2. Kepulauan Wakatobi


Tempat menakjubkan selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Sulawesi adalah Kepulauan Wakatobi. Nama Kepulauan Wakatobi sebenarnya berasal dari huruf pertama dari empat pulau di selatan Sulawesi. Pulau-pulau tersebut adalah Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Banyak turis datang ke sini untuk merasakan snorkeling dan menyelam yang bagus.


3. Tana Toraja


Tempat eksotis berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Sulawesi adalah Tana Toraja. Tana Toraja adalah objek wisata paling populer di Sulawesi karena Anda dapat mempelajari semua hal tentang kelompok adat Toraja. Di sini, Anda akan bisa menyaksikan bagaimana orang-orang hidup selama berabad-abad dan ada perayaan unik yang diadakan salah satunya adalah perayaan pemakaman.


4. Taman Nasional Lindu


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Sulawesi adalah Taman Nasional Lindu yang terletak di Palu. Sedikit peringatan, untuk sampai ke taman nasional ini sudah merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang karena taman nasional ini terletak di ujung jalan pegunungan. Begitu sampai di taman nasional, Anda akan bisa melihat hutan hujan yang rimbun dan segala jenis hewan seperti kupu-kupu, burung enggang dan juga monyet. Anda juga bisa melihat berbagai tanaman eksotis di tempat terpencil.


5. Tentena


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Sulawesi adalah Tentena yang terletak di Sulawesi Tengah. Atraksi utama di sini adalah Air Terjun Saloupa dan Danau Poso yang memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan airnya yang berwarna biru langit. Namun, jika Anda ke Tentena di penghujung tahun, Anda tidak akan bisa menikmati Festival Poso tahunan yang diadakan di danau.


6. Manado


Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di Sulawesi adalah mengunjungi Manado yang merupakan ibu kota Sulawesi Utara. Selain Makassar, Manado merupakan kota terbesar kedua di Sulawesi dan memiliki banyak tempat wisata. Manado juga terkenal dengan campuran berbagai bangunan keagamaan. Tidak hanya itu, Manado memiliki patung Yesus Kristus yang merupakan patung tertinggi keempat di dunia.


7. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Sulawesi adalah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini. Taman nasional ini terletak di Sulawesi Utara. Taman nasional ini bisa Anda dapatkan melalui Gorontalo. Menurut situs Tempat Liburan, daya tarik utama taman nasional ini adalah rimbunnya hutan hujan yang tidak terlalu ramai sehingga Anda bisa menikmati waktu Anda di taman nasional ini. Anda juga dapat memilih apakah ingin menjelajah sendirian atau ingin menyewa pemandu. Apa pun itu, Anda akan dapat melihat hewan-hewan cantik seperti burung, ular, dan monyet.


8. Kepulauan Togean


Spot selanjutnya untuk dikunjungi saat Anda berwisata ke Sulawesi adalah Kepulauan Togean. Jika Anda suka menyelam dengan beberapa makhluk bawah laut yang cantik, maka pulau-pulau ini cocok untuk Anda. Sedikit peringatan, rute menuju pulau-pulau ini akan bergelombang dan bergelombang karena pulau-pulau ini terletak di Laut Tomini di Sulawesi Utara. Tapi, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan pasir dan laut pulau-pulau ini begitu sampai di sana.


9. Tomohon


Tujuan Anda selanjutnya saat berada di Sulawesi adalah Tomohon. Tempat ini memiliki semua hal yang dicari pecinta alam. Pemandangan yang menakjubkan, sorotan alam, apa saja. Daya tarik utama tempat ini adalah Gunung Berapi Mahawu yang merupakan spot paling populer untuk trekking. Ada banyak rute trekking berbeda yang dapat Anda pilih tergantung pada anggaran dan waktu Anda. Setelah Anda selesai trekking, Anda bisa menuju desa kerajinan untuk menikmati pemandangan dan membeli beberapa suvenir.


10. Taman Nasional Tangkoko


Tempat terakhir yang bisa kamu kunjungi saat akan berwisata ke Sulawesi adalah Taman Nasional Tangkoko. Taman nasional ini sebenarnya adalah lahan seluas 9.000 hektar dan rumah bagi banyak hewan cantik di Sulawesi Utara. Di taman ini kamu tidak hanya bisa melihat Tarsius yang merupakan primata terkecil di dunia, tapi kamu juga bisa melihat Black Crested Macaques. Anda juga tidak perlu khawatir dengan keramaian karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke taman nasional ini. Jadi Anda bisa menikmati waktu Anda di sini dengan damai.


Itulah 10 tempat menakjubkan di Sulawesi yang wajib dikunjungi. Masih banyak tempat wisata lain yang juga menawarkan pemandangan yang begitu indah.

5 views

Recent Posts

See All
bottom of page