top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

10 Tempat Wisata Terpopuler di Brussel, Belgia


Pastinya, wisatawan ke Brussel, ibu kota Belgia, tidak akan kekurangan hal yang dapat dilakukan dan dilihat. Kota ini benar-benar hamparan pemandangan dan suara. Ini memiliki gereja-gereja Gotik yang indah serta berbagai bangunan abad pertengahan lainnya. Tempat-tempat wisata bersejarah di Brussel menyatu dengan baik dengan atraksi abad ke-21 itu. Ada banyak museum dan galeri bagus, patung bersejarah, dan taman hijau yang indah.


Pengunjung dapat berbelanja sampai puas di arcade tertutup abad ke-19. Dan, yang tak kalah pentingnya, pecinta kuliner akan menikmati mencicipi kelezatan gastronomi kota, termasuk cokelat Belgia yang terkenal.


1. Notre Dame du Sablon


Notre Dame du Sablon adalah gereja Katolik Gotik abad ke-15 yang indah yang terletak di distrik Sablon yang bersejarah di Brussel. Juga dikenal sebagai Our Blessed Lady of the Sablon, umat paroki termasuk bangsawan dan bangsawan Belgia. Memang, beberapa bangsawan dimakamkan di kapel St. Ursula. Gereja berwarna putih abu-abu ini terkenal dengan jendela kaca patrinya yang indah yang diterangi dari dalam pada malam hari. Tempat lain yang harus dilihat adalah dua kapel barok dengan simbol pemakaman yang diukir di marmer dan patung St. Hobart yang pernah dicuri oleh Antwerpen dan direbut kembali oleh Brussel pada 1348.


2. Mini Eropa


Kunjungan ke Mini Europe mungkin akan mengingatkan banyak orang pada film lama, “Jika hari Selasa, pasti Belgia”, di mana para pelancong melakukan Grand Tour Eropa hanya dalam beberapa hari. Namun, di Mini Europe, mereka dapat melihat yang terbaik di benua itu hanya dalam beberapa jam. Tur Mini Eropa akan membawa pengunjung dari gondola Venesia ke Big Ben di London. Mereka juga dapat mengalami letusan Vesuvius di Italia dan runtuhnya Tembok Berlin di Jerman. Secara keseluruhan, Mini Europe menawarkan 350 pengaturan miniatur yang mengeksplorasi yang terbaik dari Eropa.


3. Museum Alat Musik


Museum Alat Musik wajib dikunjungi bagi siapa saja yang memainkan alat musik atau sekadar menyukai musik. Museum ini menampung lebih dari 1.100 alat musik, mulai dari kuno hingga modern. Dianggap sebagai salah satu museum alat musik terbaik di dunia, museum ini juga memiliki aula konser di bangunan Art Noveau dan Neoklasik yang dirancang secara unik. Pameran menampilkan keyboard, jenis musik dari abad pertengahan hingga abad ke-19, dan instrumen mekanis dan elektronik. Galeri paling populer menampilkan alat musik tradisional dari seluruh dunia. Di sini, pengunjung mungkin terkejut mengetahui bahwa orang Skotlandia bukan satu-satunya yang bermain bagpipe.


4. Galeries Royales Saint-Hubert


Pembeli dengan sedikit sisa Euro akan tergoda untuk membelanjakannya di Galeries Royales Saint-Hubert, sebuah pusat perbelanjaan unik di sebelah Grand Place. Dibangun dengan gaya Cinquecento Italia, gedung-gedungnya memiliki atap kaca, sehingga pembeli tidak perlu khawatir basah kuyup saat cuaca buruk. Bagian utama dikenal sebagai Galerie de la Reine, dengan pembuat cokelat, butik, dan berbagai macam restoran. Pusat perbelanjaan menarik enam juta orang per tahun.


5. Mont des Arts


Kucing mungkin memiliki sembilan garis, tetapi Mont des Arts, sebuah bukit di pusat kota Brussel, membuat mereka lari untuk mendapatkan uang. Dulunya merupakan lingkungan padat penduduk, bangunan-bangunan itu dirobohkan; tanah itu kosong selama bertahun-tahun. Kemudian sebuah taman didirikan tetapi juga dirobohkan untuk dijadikan bangunan, termasuk Perpustakaan Kerajaan dan Istana Kongres. Sebuah taman baru berbagi ruang dengan bangunan hari ini. Pengunjung "bukit seni" akan menemukan beberapa pemandangan terbaik Brussel dari sini, dengan menara Balai Kota yang menjulang ke langit.


6. Manneken Pis


Manneken Pis tidak diragukan lagi merupakan landmark yang paling banyak dikunjungi di Brussel. Sementara pengunjung mungkin melewatkan banyak museum yang bagus, tidak ada yang meninggalkan Brussel tanpa mengunjungi Manneken Pis: air mancur unik yang menampilkan anak laki-laki telanjang yang sedang buang air kecil di air mancur. Namun, patung itu tidak selalu telanjang, karena memiliki lemari pakaian yang akan membuat keluarga Kardashian cemburu: Patung itu memiliki 900 kostum yang sering diganti. Pengunjung dapat melihatnya di Museum Kota. Patung perunggu kecil telah menghibur penduduk dan pengunjung sejak awal 1600-an, meskipun patung seperti itu disebutkan satu atau dua abad sebelumnya.


7. Katedral Brussel


Katedral Brussel, yang secara resmi dikenal sebagai Katedral St. Michael dan St. Gudula adalah struktur yang benar-benar megah. Bagian utama dari gereja Katolik ini berasal dari abad ke-11 sedangkan menara dibangun pada abad ke-13. Semua mengatakan, butuh sekitar 300 tahun untuk membangun gereja batu yang mengesankan ini. Dinamakan setelah santo pelindung negara itu, itu adalah gereja utama Belgia. Pengunjung akan terpesona oleh jendela kaca patri yang indah, terutama yang dibuat oleh Bernard van Orley, seorang pelukis abad ke-16. Jendela Penghakiman Terakhir dinyalakan dari dalam pada malam hari.


8. Balai Kota


Sementara banyak kota terburu-buru untuk membangun balai kota modern, Kota Brussel bertahan dengan balai kota Gotik awal abad ke-15. Ini adalah bangunan abad pertengahan terakhir yang tersisa di Grand Place. Tentu saja, ada tambahan yang lebih baru, tetapi tidak begitu menarik. Balai kota tua dihiasi dengan 137 patung orang-orang penting, seperti bangsawan dan orang suci, dalam sejarah kota. Pengunjung hanya akan melihat salinannya di sana, karena aslinya ada di museum kota terdekat. Bangunan ini dipuncaki dengan puncak menara yang elegan dengan patung malaikat Michael setinggi 5 meter (16 kaki).


9. Atomium


Sepintas, Atomium terlihat seperti kincir ria luar angkasa, tetapi penampilannya bisa menipu. Landmark Brussel ini sebenarnya mewakili sebagian dari kristal ion yang telah diperbesar 185 miliar kali. Dibangun pada tahun 1958 sebagai paviliun utama untuk pameran dunia Brussel, gedung ini dinobatkan sebagai bangunan paling aneh di dunia pada tahun 2013 oleh CNN. Tetapi keindahan ada di mata yang melihatnya, dan orang Belgia menyukainya. Atomium terdiri dari sembilan bidang, hanya enam yang terbuka untuk umum. Lift membawa orang ke puncak struktur, tetapi sebaliknya pengunjung melakukan perjalanan di antara bidang-bidang di eskalator.


10. Tempat Besar


Grand Place memang megah. Sebagai alun-alun pusat kota, itu adalah tengara yang paling banyak dikunjungi, rumah bagi dua atraksi utama di Brussel, Balai Kota dan Museum Kota, serta bekas balai guild. Juga dikenal sebagai Grote Markt, Grand Place adalah pasar utama yang berasal dari abad ke-10. Alun-alun besar diisi dengan karpet yang terbuat dari bunga setiap bulan Agustus. Hari ini dipenuhi dengan banyak kafe, menjadikannya tempat yang baik untuk mencicipi makanan tradisional Brussel, seperti moule (kerang), wafel, dan kentang goreng, yang berasal dari Belgia, bukan Prancis.

6 views
bottom of page