top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

7 Wisata Pantai Eksotis di Indonesia Paling Hits


Ingin liburan pantai tapi bosan dengan lokasi yang sama? Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pantai. Hingga saat ini banyak turis mancanegara yang ingin berwisata ke Indonesia yang penasaran dengan pantainya.


Sebenarnya di Indonesia juga terdapat beberapa pantai yang belum terkenal atau belum tersentuh, meski memiliki pemandangan yang eksotis dan menawan. Mungkin karena pantainya sulit diakses atau terlalu mahal untuk pergi ke sana. Pokoknya, Authentic-Indonesia telah merangkum 7 wisata pantai eksotis di Indonesia yang masih alami.


1. Pantai Ora


Pantai Ora merupakan salah satu pantai yang ada di Provinsi Maluku dan sudah cukup dikenal oleh wisatawan mancanegara. Keindahan alam di sekitar pantai sudah dikenal luas bahkan disamakan dengan pantai Hawaii dan Maladewa. Bagi penduduk setempat, pantai ini populer sebagai Destinasi Bulan Madu. Namun yang perlu Anda ketahui adalah akses menuju Pantai Ora hanya bisa ditempuh dengan menggunakan perahu. Inilah alasan mengapa pengalaman pergi ke tempat ini sangat mahal.


Di kawasan pantai ini hanya terdapat satu resort yang terkenal yaitu Ora Beach Resort, namun jika kita ingin menginap di tempat lain ada beberapa alternatif seperti di kawasan Sawai dan Saleman yang letaknya tidak terlalu jauh dari Ora. Pantai Ora memiliki pasir putih yang indah dan lembut. Selain itu, pantainya menjorok ke laut dangkal yang berisi ratusan ribu terumbu karang indah beserta penghuninya.


2. Pantai Pulau Merah


Pantai Pulau Merah (Red Island Beach) menawarkan pantai berpasir putih dengan bukit hijau yang indah di sampingnya. Terletak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.


Pantai Pulau Merah mirip dengan Pantai Kuta di Bali tetapi ombaknya lebih melengkung (tinggi hingga dua meter dan panjang 300 meter). Ombaknya pasti cocok untuk peselancar pemula, amatir dan profesional. Di depan pantai terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Merah. Jaraknya hanya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Biru laut pantai selatan Banyuwangi juga menambah keindahan Pantai Pulau Merah.


3. Pantai Adonara


Jika Anda berwisata ke Flores jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata ini. Salah satu pantai eksotis di Indonesia adalah Pantai Adonara. Memiliki hamparan pasir putih bersih dan pemandangan laut yang luar biasa.


Pantainya yang memiliki air yang sangat jernih membuat Anda tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk melihat terumbu karang yang masih asli. Bahkan keindahan alam bawah laut bisa disaksikan dari atas bebatuan. Karena pantai ini jarang dikenal, maka tidak heran jika pantai ini begitu sepi. Anda bisa menemukan suasana damai di sini.


4. Pantai Teluk Kiluan


Pantai yang masih alami selanjutnya adalah Pantai Teluk Kiluan. Ini seperti surga tersembunyi di Provinsi Lampung. Saat berkunjung ke Teluk Kiluan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai gradasi warna biru kehijauan dengan air yang jernih. Anda bisa melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan hias.


Teluk Kiluan menawarkan topografi perbukitan dan lembah yang sangat cocok untuk dieksplorasi. Selain memiliki pemandangan yang indah, ternyata teluk ini dihuni oleh ratusan lumba-lumba. Ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba penembak jitu dapat dengan mudah ditemukan di tengah laut. Kesuburan perairan tersebut membuat terumbu karang tumbuh dengan baik. Hal ini pula yang menjadikan kawasan teluk gulf memiliki spot diving yang dangkal namun tetap sangat indah.


5. Pantai Kenawa


Kenawa Island adalah salah satu pulau unik di perairan Sumbawa yang punya julukan ‘The Hidden Paradise’. Meski hanya sebuah pulau kecil dan tak berpenghuni di Sumbawa Barat, NTB (Nusa Tenggara Barat), Pulau Kenawa sangat menarik untuk dikunjungi, terutama panorama pantainya.


Anda akan disuguhkan pemandangan alam perbukitan, hamparan sabana serta birunya air laut pantai yang jernih. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau Kenawa, mulai dari berenang di pantai, snorkeling, bahkan berkemah di sela-sela sabana.


6. Pantai Koka


Pantai Koka terletak tidak jauh dari Kota Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai ini terletak di Desa Wolowiro. Meski bukan pantai yang benar-benar perawan, Pantai Koka tergolong tenang jika dibandingkan dengan pantai terkenal lainnya.


Air biru kehijauan yang jernih dengan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri. Penggemar snorkeling bisa menikmati keindahan bawah laut pantai ini, juga para peselancar. Ketinggian ombaknya mencapai 1,5 meter sehingga cocok untuk peselancar pemula.


7. Pantai Green Bowl


Sepertinya sulit menemukan pantai yang sepi di pulau Bali. Karenanya Pantai Green Bowl yang terletak di Kabupaten Badung seperti harta karun yang banyak dicari orang. Karena masih relatif sepi, Anda seperti berada di pantai sendiri. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan berselancar.


Wisatawan lokal dan mancanegara biasanya datang ke sini untuk berselancar atau berenang. Di sekitar pantai terdapat banyak goa yang biasanya dijadikan tempat ritual bagi warga sekitar. Ketinggian ombak di dekat pantai hanya memadai untuk peselancar profesional.


Itulah 7 wisata pantai eksotis menurut situs Bandoeng.co.id di Indonesia yang masih alami.

6 views

Recent Posts

See All
bottom of page