top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

10 Wisata Pantai Eksotis di Papua Paling Hits

Updated: Jun 9, 2022


Papua adalah provinsi terbesar dan paling timur di Indonesia. Pulau ini memiliki kekayaan alam tak terbatas yang menjadikan Papua sebagai pulau terkaya di Indonesia. Di tanah Papua terdapat tembaga dan emas yang melimpah. Papua juga menjadi surganya keanekaragaman hayati yang tersisa di bumi saat ini.


Berbicara tentang kekayaan Papua, tentunya pulau ini juga memiliki beberapa pantai yang indah dan menawan. Berikut 10 wisata pantai eksotis di Papua yang harus Anda kunjungi jika berlibur ke bagian timur.


1. Pantai Waiwo


Salah satu pantai terindah di Papua ada di Raja Ampat. Itu disebut Pantai Waiwo. Pantai ini terletak di Dermaga Waigeo, Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Irian Jaya Barat. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dengan air laut yang jernih. Sangat jelas sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang.


Ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang. Di Pantai Waiwo juga terdapat dua dermaga. Terdapat dermaga kayu dimana anda bisa duduk dan memancing dan menjadi tempat anak-anak setempat untuk terjun ke laut. Ada pula dermaga apung tempat wisatawan sering memberi makan ikan dari dermaga ini.


2. Pantai Harlem


Pantai Harlem terletak di Kabupaten Jayapura, Papua, tepatnya di Desa Tablanusu, Kecamatan Depapre. Dari Jayapura, Anda harus menempuh medan yang cukup menantang terlebih dahulu untuk menuju Depapre. Dari Depapre, Anda hanya bisa menempuh jalur laut untuk mencapai Pantai Harlem. Pantai Harlem memiliki garis pantai sekitar 700 meter. Pantai ini memiliki pasir putih bersih tanpa kerikil.


Suasananya teduh karena ada pohon kelapa, bintanggur, dan sagu yang tumbuh di dekat pantai. Di Harlem, warga setempat menyediakan fasilitas bagi pengunjung, antara lain gubuk dan kamar mandi. Di Pantai Harlem, Anda juga bisa menemukan kolam air tawar sekitar 7 meter dari bibir pantai.


3. Pantai Bosnik


Pantai Bosnik atau yang juga dikenal dengan Pantai Segara Indah terletak di sisi timur Pulau Biak, tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Pantai Bosnik dapat dicapai dengan ojek atau penyewaan mobil. Pantainya yang berpasir putih sangat indah dengan terumbu karang yang tersebar. Arus laut cukup deras sehingga harus berhati-hati jika ingin snorkeling disini.


Bosnik merupakan pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Di sekitar pantai terdapat banyak saung yang bisa anda gunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai sambil menyeruput air kelapa muda.


4. Pantai Bakaro


Pantai terbaik Papua lainnya adalah Pantai Bakaro. Pantai ini terletak sekitar 3 km dari Pantai Pasir Putih. Pantai Pasir Putih menjadi tempat wisata favorit warga Manokwari. Pantai Bakaro dan Pantai Pasir Putih hanya dipisahkan oleh Kampung Parisido, tempat tinggal sebagian besar masyarakat Biak Numfor.


Pantai Bakaro memang begitu eksotis. Di sini Anda bisa berenang dan juga memancing. Salah satu daya tarik Objek Wisata Bandung yang unik di Pantai Bakaro adalah adanya pemanggilan ikan dari laut dalam ke perairan pinggir pantai dengan menggunakan peluit yang terbuat dari cangkang keong dimana ikan tersebut kemudian akan mendekati dan diberi makan.


5. Pantai Tanjung Kasuari


Salah satu pantai terindah di Papua ini terletak di Sorong, Papua. Itu adalah Pantai Tanjung Kasuari yang menjadi oase di Kota Sorong. Dari Kota Sorong, Anda dapat mencapai Pantai Tanjung Kasuari dengan menggunakan kendaraan umum selama kurang lebih 30 menit.


Pantai Tanjung Kasuari memiliki pasir putih bersih dengan air laut biru jernih. Di sekitar pantai juga banyak terdapat pepohonan yang rindang. Laut di Pantai Tanjung Kasuari juga cukup aman untuk kamu berenang. Pantai ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan. Jadi, jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang datang saja di hari biasa.


6. Pantai Amai


Salah satu pantai terbaik Papua lainnya juga terletak di Distrik Depapre. Itu adalah Pantai Amai yang terletak sekitar 50 km dari kota Jayapura. Untuk mengunjungi Pantai Amai, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir. Dari tempat parkir, Anda harus melewati jalan setapak menuju hutan hingga menemukan aliran sungai. Setelah itu barulah Anda akan melihat Pantai Amai.


Usai bermain air di laut, Anda bisa membersihkan diri di aliran sungai. Pantai Amai memiliki pasir putih yang sangat lembut dan air laut yang jernih. Di sepanjang pantai terdapat pepohonan rindang dimana Anda bisa duduk dan bersantai.


7. Pantai Yeben


Pantai Yeben terletak di Raja Ampat, Papua, tepatnya di Pulau Yeben. Anda bisa mencapai Pulau Yeben dengan menyeberang dari Pantai Cemara sekitar 1,5 jam. Pantai Yeben memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih.


Di perairan Pantai Yeben, Anda bisa berenang atau snorkeling menikmati keindahan berbagai terumbu karang. Arus air cukup tenang. Pulau Yeben sendiri hanyalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni.


8. Pantai Arborek


Masih di kawasan Raja Ampat, Pantai Arborek juga memiliki keindahan yang membuatnya layak dijuluki sebagai pantai terindah di Papua. Pantai Arborek terletak di Pulau Arborek, sekitar 1 jam dari ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Waisai. Pantai Arborek memiliki panorama alam pasir putih yang indah. Uniknya, pasir putih ini tak hanya bisa ditemukan di pantai, tapi di seluruh Pulau Arborek. Padahal, rumah warga di Pulau Arborek pun tertutup pasir putih.


Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Arborek adalah snorkeling, diving, dan memancing. Anda juga bisa menyaksikan penduduk setempat melakukan “bameti”. Ini adalah kegiatan menyusuri pantai untuk mencari makhluk laut yang bisa dimakan. Bameti umumnya dilakukan oleh perempuan di Desa Arborek.


9. Pantai Cemara


Pantai Cemara terletak di dekat Pantai Waiwo. Pantai ini juga terletak di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Dari pusat kota, Anda bisa mencapai Pantai Cemara dalam waktu setengah jam. Tak hanya pasir putih dan laut biru jernih yang membuat Pantai Cemara ini menjadi salah satu pantai terindah di Papua. Pantai ini semakin memikat dengan pepohonan cemara laut yang tumbuh di sekitar pantai.


10. Pantai Tablanusu


Terakhir, pantai terbaik di Papua yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Tablanusu. Itu juga terletak di Distrik Depapre. Pantai Tablanusu terletak berlawanan arah dengan Pantai Amai. Pantai ini cukup unik dimana pantai ini bukanlah hamparan pasir, melainkan hamparan kerikil yang datar. Anda bisa mendapatkan pijat refleksi gratis dengan berjalan tanpa alas kaki di atas bebatuan tersebut.


Perairan di Pantai Tablanusu juga sangat jernih. Anda bisa berenang, bermain banana boat sekaligus menyelam. Suasana di Pantai Tablanusu juga tenang. Deretan pohon kelapa menambah asri suasana.


Itulah 10 wisata pantai eksotis menurut Pesisir di Papua yang harus Anda kunjungi jika berlibur.

5 views

Recent Posts

See All
bottom of page