top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

6 Tempat Wisata di Labuan Bajo Terhits Dikunjungi


Labuan Bajo diberkati dengan keindahan alam yang luar biasa. Ada enam tempat wisata populer di Labuan Bajo yang bisa dipilih pengunjung.


Indonesia adalah negara populer yang kaya akan berbagai budaya dan sumber daya alam. Sebagai negara tropis, Indonesia memang dikaruniai banyak sekali sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di negeri ini Di sisi lain, Indonesia juga terkenal dengan kondisi geografisnya yang sangat unik dan berbeda sehingga memberikan keanekaragaman yang tidak dapat ditemukan di negara lain.


Salah satu kawasan yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah Labuan Bajo. Umumnya wisatawan mancanegara banyak yang bahkan lebih mengenal objek wisata terpopuler di sini karena terkenal dengan keindahan alamnya. Labuan Bajo juga terletak tepat di sebelah barat Pulau Flores yang menyimpan berbagai tempat wisata tersembunyi yang baru-baru ini ditemukan oleh para traveller dan juga baru dikembangkan oleh pemerintah setempat. Berikut tempat wisata di Labuan Bajo yang terpopuler.


1. Pulau Rinca


Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi di kawasan Labuan Bajo adalah Pulau Rinca. Gugusan pulau yang terletak di Pulau Komodo ini memang populer dengan keindahan alamnya dan lokasinya yang dekat dari Labuan Bajo. Pulau ini memiliki titik tertinggi dengan ketinggian 670 mdpl, sehingga saat berkunjung anda akan bisa melihat pemandangan Flores yang sangat indah dari ketinggian.


Selain komodo, ada hewan lain yang hidup di Pulau Rinca, seperti kerbau, burung, dan babi hutan. Jadi bagi yang ingin datang ke pulau Rinca ada baiknya berkunjung ke pulau tersebut pada pagi hingga siang hari. Di Pulau Rinca, pengunjung akan mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan dengan menanam bakau dan wisata alam lainnya.


2. Air Terjun Cunca Wulang


Tempat favorit lain untuk dikunjungi di Labuan Bajo adalah Air Terjun Cunca Wulang. Letaknya di kawasan Hutan Mbeliling dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Sekilas air terjun ini tampak seperti Green Canyon karena memiliki suasana dan warna air yang sama, namun dengan versi yang lebih sempit dengan bebatuan mengapit di sepanjang sisinya.


Anda juga diperbolehkan memanjat bebatuan bahkan melompat dari ketinggian ke Air Terjun Cunca Wulang ini. Namun harus berkonsultasi dulu dengan guide karena volume air berkurang saat musim kemarau, dan tentunya hal ini akan berbahaya untuk dilakukan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda harus membawa bekal makanan dan minuman karena tidak ada warung makan atau minuman di sekitar air terjun.


3. Pulau Kanawa


Selain Pulau Komodo, satu lagi yang bisa Anda kunjungi dengan air yang sangat jernih adalah Pulau Kanawa. Pulau seluas 35 hektar ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kanawa memiliki pemandangan alam yang indah dan juga menawan terutama di pesisir pantai dan juga bawah laut.


Saat berenang atau menyelam Anda bisa melihat air laut yang sangat jernih dan pasir putih yang sangat bersih. Keindahan bawah laut Pulau Kanawa bisa dilihat dari atas permukaan laut seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil bahkan penyu. Jika Anda ingin bermalam di Pulau Kanawa, tersedia sekitar 13 guest house dengan harga sewa sekitar Rp. 300.000 per malam.


4. Gua Rangko


Tempat wisata unik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Labuan Bajo adalah Gua Rangko. Gua ini terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya Rangko merupakan sebuah goa yang memiliki berbagai hiasan batu dan juga stalaktit berisi air laut berwarna biru jernih yang sangat eksotis dan juga indah.


Namun sayangnya Gua Rangko ini termasuk tempat yang tenang dan sulit untuk diakses sehingga harus berjalan kaki dan juga menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar tidak tersesat!


5. Pulau Padar


Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Berbeda dengan dua pulau lainnya, Pulau Padar tidak dihuni oleh Komodo. Pulau Padar adalah tempat teratas untuk dilihat di Labuan Bajo karena pemandangan 360 yang menakjubkan.


Meski namanya tak sepopuler Pulau Komodo dan Pulau Rinca, keindahan Pulau Padar tak bisa dipungkiri. Di pulau ini terdapat empat pulau kecil yang masing-masing menawarkan pemandangan yang unik. Wisatawan bisa mendaki bukit untuk menikmati pemandangan dari atas atau menikmati matahari terbit dan terbenam.


6. Wae Rebo Village


Wae Rebo merupakan destinasi wisata budaya yang menawarkan pemandangan indah. Desa yang terletak di atas langit ini sarat dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat Flores Manggarai. Tidak mudah untuk mengunjungi desa ini, Anda harus trekking lebih dari 3 jam. Namun setelah menempuh perjalanan jauh Wae Rebo trekking menuju puncak anda akan dibuat takjub dengan pemandangan indah dari kawasan sekitar.


Itulah tempat wisata di Labuan Bajo terpopuler yang wajib Anda Kunjungi bersama keluarga maupun Pasang.

9 views

Recent Posts

See All
bottom of page