top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

9 Tempat Wisata di Pulau Kalimantan Terhits Dikunjungi


Akhir tahun adalah saat orang-orang biasanya merencanakan perjalanan mereka dengan teman atau keluarga. Jika Anda kebetulan ingin berwisata tetapi masih belum tahu kemana, mengapa tidak memilih berwisata ke Kalimantan? Seperti kita ketahui bersama, Indonesia terdiri dari pulau-pulau utama dan pulau-pulau kecil dan salah satu pulau utama adalah Kalimantan.


Begini masalahnya, Kalimantan terletak di pulau Kalimantan yang 73% pulau itu milik Indonesia dan sisanya milik Malaysia dan Brunei. Karena letak Kalimantan yang dekat dengan garis khatulistiwa, tidak heran jika Kalimantan bisa menjadi sangat panas. Selain itu, sebagai salah satu pulau utama di Indonesia, Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia.


Di sini, Anda akan menemukan hektar hutan yang rimbun dan lebat beserta sungai. Karenanya, banyak wisatawan yang senang melakukan trekking dan hiking di Kalimantan untuk melihat semua flora dan fauna. Untuk membantu Anda merencanakan liburan di Indonesia dengan lebih baik, kami sudah menyiapkan daftar 9 tempat wisata di Kalimantan terhits dikunjungi saat berwisata.


1. Pulau Derawan


Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi saat akan berwisata ke Kalimantan adalah Pulau Derawan. Sekadar informasi, Pulau Derawan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia. Tidak hanya itu, pulau ini juga terletak di lepas pantai pulau induk. Di pulau ini, Anda akan bisa merasakan pengalaman menyelam yang bagus.


Anda bisa melihat banyak biota laut yang cantik seperti scorpionfish, blue ring octopus, ghost pipefish, dan juga bobbing seahorse. Ingin sesuatu yang lebih? Anda bisa menyelam ke laut dan pergi ke batu terkenal bernama Blue Trigger Wall yang tingginya 18 meter dan terletak 10 meter di bawah permukaan.


2. Balikpapan


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Kalimantan adalah Balikpapan yang terletak di Kalimantan Timur. Di kota ini, Anda akan bisa melihat kehidupan Kalimantan yang lebih modern. Jika Anda sudah lelah menjelajahi hutan, menyelam ke laut, atau pergi ke pedesaan, Anda bisa pergi ke Balikpapan dan menghabiskan akhir pekan Anda di mal dan restoran serta tempat lainnya. Anda juga bisa pergi ke museum dan tempat wisata lainnya di Balikpapan.


3. Pulau Maratua


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Kalimantan adalah Pulau Maratua yang terletak di antara Indonesia dan Malaysia. Di pulau ini, Anda akan bisa menemukan Danau Tanah Bamban dan Danau Haji Buang yang terkenal. Anda tidak hanya bisa melihat kedua danau yang indah itu, tetapi Anda juga dapat menghabiskan hari-hari Anda di resor yang memiliki kamar-kamar bagus yang terletak di atas air dan Anda dapat melihat semua ikan dan penyu. Selain menikmati hari Anda dengan melihat ikan dan penyu, Anda dapat menikmati snorkeling, jet ski, atau menyewa perahu.


4. Banjarmasin


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Kalimantan adalah Banjarmasin yang terletak di Kalimantan Selatan. Di sini, Anda akan bisa melihat Pegunungan Meratus yang perkasa. Sekadar informasi, Banjarmasin dibagi dengan jalur air yang panjang dan dengan begitu, Anda bisa menjelajahi kota dengan mengikuti tur kanal menggunakan kano kecil. Saat Anda mengikuti tur kanal, Anda akan dapat mengunjungi masjid terkenal di kota yang disebut Mesjid Raya Sabilal Muhtadin.


5. Taman Nasional Danau Sentarum


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Kalimantan adalah Taman Nasional Danau Sentarum yang membentang seluas 132.000 hektar. Taman ini sebagian besar terbuat dari hutan hujan dua tingkat bersama dengan rawa-rawa besar. Jika Anda menjelajahi hutan hujan dan rawa, Anda akan dapat melihat banyak flora dan fauna lokal seperti orangutan, monyet probosci, buaya, burung pegar, dan juga bangau. Ada juga kelompok masyarakat adat, Suku Dayak, yang tinggal di taman tersebut.


6. Pulau Kakaban


Tempat terbaik untuk dikunjungi saat liburan ke Kalimantan selanjutnya adalah Pulau Kakaban yang terkenal dengan danau yang terletak di tengah pulau. Di dalam danau banyak terdapat ubur-ubur yang tidak beracun. Artinya, Anda bisa berenang di danau bersama ubur-ubur ini tanpa harus khawatir akan menyengat Anda. Ada dua spesies ubur-ubur di danau. Yang pertama adalah Ubur-ubur Emas dan yang kedua adalah Ubur-ubur Bulan. Berenang bersama ubur-ubur ini terdengar luar biasa, bukan?


7. Taman Nasional Kutai


Tempat selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Kalimantan adalah Taman Nasional Kutai yang membentang seluas 198.000 hektar. Taman nasional ini diselimuti oleh hutan ulin yang masih asli dan Anda akan melihat deretan pohon bakau dan juga anggrek liar. Anda juga bisa melihat banyak fauna seperti beruang madu, kukang, rusa dan juga orangutan.


8. Sungai Mahakam


Tempat Wisata lain di Kalimantan untuk dikunjungi adalah Sungai Mahakam yang merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur yang terkenal. Sungai ini sangat penting bagi masyarakat di sekitarnya karena sungai ini menyuplai air bagi masyarakat dan sungai ini juga menjadi salah satu cara untuk berkeliling. Tidak hanya itu, Sungai Mahakam ini juga menjadi rumah bagi Pesut yang merupakan lumba-lumba air tawar dan spesies asli lainnya.


9. Taman Nasional Tanjung Puting


Tempat terakhir yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Kalimantan adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan salah satu taman nasional terkenal di Kalimantan dengan luas mencapai 415.040 hektar. Di taman nasional ini, Anda akan bisa melihat banyak sekali orangutan yang bergelantungan di pepohonan. Taman nasional ini juga ditetapkan sebagai Cagar Biosfer UNESCO.


Fakta menarik: taman nasional ini memiliki saudara perempuan yang berlokasi di Malaysia. Di taman ini, Anda tidak hanya dapat menikmati jungle cruise di sepanjang sungai, tetapi Anda juga dapat melakukan tur perahu dan melihat semua flora dan fauna seperti macan tutul, kancil, beruang madu, dan juga monyet merah.


Itulah 9 tempat wisata di Kalimantan terhits dikunjungi saat berwisata. Jadi, Tunggu apalagi? Ajak keluarga atau pasang Anda untuk liburan di Pulau Kalimantan ini.

5 views

Recent Posts

See All
bottom of page