top of page
  • Writer's pictureMy Wisata

10 Tempat Wisata di Pulau Sulawesi Terhits Dikunjungi


Sebagai pulau terbesar ke-4 di Indonesia, Sulawesi menawarkan banyak tempat indah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Terbagi menjadi 6 provinsi, semua wilayahnya dibatasi oleh pantai-pantai yang indah. Tak heran jika destinasi wisata Sulawesi didominasi lautan dan pantai.


Selain pantai, pulau yang juga dikenal dengan sebutan "Celebes" ini juga menawarkan beberapa situs bersejarah yang terbuka untuk umum. Intip 10 tempat wisata Sulawesi terhits dikujungi ini.


1. Pulau Bunaken, Sulawesi Utara


Mulai dari provinsi paling utara, jangan lewatkan keindahan Pulau Bunaken. Pulau seluas 8,08 km persegi di Teluk Manado ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit menggunakan speed boat dari Pelabuhan Manado.


Pulau Bunaken dan laut sekitarnya merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bunaken. Di sini, terdapat sekitar 20 spot diving yang disebut-sebut sebagai spot diving favorit para penyelam internasional.


2. Bukit Doa Tomohon, Sulawesi Utara


Masih di Sulawesi Utara, mari beranjak dari laut ke perbukitan yang ada di kota Tomohon. Bukit Tomohon merupakan tempat wisata religi khususnya bagi umat Kristiani. Lokasinya yang berada di ketinggian menawarkan suasana yang sejuk dan asri bagi setiap pengunjungnya.


Di Bukit Tomohon terdapat spot berbentuk setengah lingkaran dengan tangga di sekelilingnya menyerupai Colosseum. Inilah bagian yang menjadi spot foto favorit, altar pemberkatan pernikahan hingga pentas seni panggung.


3. Waruga, Sulawesi Utara


Tanah Sulawesi Utara juga dikenal dengan suku asli yang disebut Minahasa. Salah satu adat istiadat leluhur Minahasa adalah menguburkan jenazah di peti mati batu yang disebut Waruga. Terletak di Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, setidaknya terdapat 370 waruga utuh peninggalan leluhur Minahasa. Situs bersejarah ini merupakan daya tarik wisata yang unik dan dinominasikan menjadi bagian dari daftar situs warisan budaya UNESCO.


4. Benteng Otanaha, Gorontalo


Bergeser ke Gorontalo, Benteng Otanaha menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Sebagai bukti peninggalan masyarakat Gorontalo kuno, bangunan ini terbilang megah dan memiliki 4 tingkat.


Total ada 348 anak tangga dari lantai dasar hingga puncak. Menurut penelitian Inspirasi Gaya Hidup, kastil megah yang dibangun di atas bukit ini dibangun pada pertengahan abad ke-15.


5. Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah


Baru diresmikan pada tahun 2004, Taman Nasional Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Sebagian besar pulau terbentuk dari aktivitas vulkanik yang membuat tanahnya subur dan asri.


Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini antara lain snorkeling menikmati indahnya terumbu karang di Pulau Kadidiri atau mengunjungi pemukiman Suku Bajo di kawasan Kabalutan.


6. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Wakatobi tidak kalah populer dengan Bunaken. Memiliki luas sekitar 1,4 juta hektar, Taman Nasional Wakatobi merupakan surganya terumbu karang dan ikan laut hias. Kota terdekat yang bisa dijangkau adalah Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Jika Anda mengunjungi Wakatobi, Anda akan sangat menikmati snorkeling di lepas pantai. Anda akan ditawari harta terpendam negara ini.


7. Benteng Rotterdam, Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan memang surganya tempat wisata, termasuk benteng Fort Rotterdam yang merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Berada di kawasan Ujung Pandang, benteng ini pernah digunakan sebagai gudang rempah-rempah pada masa penjajahan Belanda.

8. Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan


Sulawesi bisa dibilang penyumbang lokasi Taman Nasional terbesar di Indonesia. Ada satu lagi taman nasional di wilayah Sulawesi bernama Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Bulusarung, Sulawesi Selatan. Ini mencakup area seluas hampir 44.000 hektar dan baru diresmikan pada tahun 2004. Di Taman Nasional Bantimurung terdapat lebih dari 80 gua alam dan prasejarah, air terjun dan puluhan spesies kupu-kupu. Ini membuat taman itu sangat cantik.


9. Celebes Canyon, Sulawesi Selatan


Meski tergolong sebagai destinasi wisata baru, air terjun Celebes Canyon telah menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Rutenya cukup sulit, namun sebanding dengan pemandangan bebatuan cantik yang mirip dengan Grand Canyon. Karenanya warga setempat memberi nama “Celebes Canyon”.


Lokasi air terjun ini berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Begitu Anda memasuki Desa Libureng, ada rambu-rambu di jalan yang akan membantu Anda menemukan Celebes Canyon.


10. Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan


Tak hanya Pantai Losari, Sulawesi Selatan juga punya satu lagi yang bernama Pantai Tanjung Bira. Lokasinya berada di ujung selatan Pulau Sulawesi, Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Pantai Tanjung Bira terkenal dengan pasir putihnya yang bersih.


Itulah 10 tempat wisata Sulawesi terhits dikujungi bersama Keluarga maupun pasang Anda.

6 views

Recent Posts

See All
bottom of page